Senin, 16 Maret 2009

Prospektif Ekonomi Islam

oleh Sparta

Pada hari ini, senin 16 maret 2009, saya mendapatkan email dari mantan pimpinan saya waktu di Bank BUMN dulu. Beliau menanyakan bagaimana prospektif ekonomi islam dimasa datang. Hal ini terkait dengan keinginan salah satu anaknya yang ingin mendalami ekonomi Islam setelah menyelesaikan pendidikan S1 nya. Berikut ini jawaban yang saya berikan secara sederhana mengenai prospektif ekonomi Islam di masa datang.

Assl mualaikum wr.br
Terima kasih Pak Endiarto atas tanggapan mengenai prospek ekonomi syariah. Krisis global yang terjadi pertengahan tahun 2008 sampai dengan sekarang telah memicu kejatuhan sistem kapitalis yang lebih berlandaskan pada mencari kekayaan sebanyak-banyak tanpa batas di dunia dan tanpa melihat pengorbanan orang lain. Islam telah mengajarkan bahwa berbisnis haruslah menyeimbangkan kepentingan dunia dan akhirat. Harta yang kita miliki sesungguhnya dan sebagai bekal di kampung akhirat adalah harta yang kita berikan untuk kepentingan umat. Untuk kemaslahatan umat yang membutuhkan harta tersebut. Pencapaian harta di dunia tidaklah kekal. Harta yang kekal kita miliki adalah harta yang kita sumbangkan melalui jalan Allah swt dan harta kita ini akan bertambah terus meskipun kita tidak berada didunia fana ini lagi.

Kembali lagi ke sistem ekonomi kapitalis. Krisi global telah membuat dunia barat dan Amerika sadar bahwa sistem kapitalis tidak mampu memberikan kesejahteraan jangka panjang. Mereka saat ini mulai melirik sistem ekonomi islam. Mereka mengakui sistem ini lebih baik dibandingkan dengan sisten kapatilasi. Kinerja perusahaan-perusahaan dan bank yang berbisnis berlandaskan syari Islam lebih baik dibandingkan dengan perusahaan konvensional. Para deposan yang dirugikan oleh ulah spekulan yang menurunkan aset mereka mulai melirik bank islam. Mereka nyakin bahwa dana mereka tidak akan digunakan untuk pembiayaan spekulatif. Kita bisa lihat sekarang ini banyak bank-bank yang dimiliki oleh non muslim mulai menggunakan sistem perbankan syariah (Islam). Begitu juga industri lain seperti asuransi, hotel, investment bank dan sebagainya. Dari data bank indonesia, pertumbuhan perbankan syariah cukup prospektif sejak lima tahun terakhir.

Berdasarkan pertumbuhan indutri yang berbasis syariah cukup tinggi maka kebutuhan tenaga kerja yang menguasai ekonomi islam/perbankan islam dibutuhkan saat ini. Dengan demikian hal ini menjadi trend/ primadona bagi freshgraduate saat ini untuk lebih mendalami ilmu ekonomi Islam. Bila anak bapak berminat untuk mendalami ekonomi Islam tentulah ini tidak salah dan sudah tepat. Hal ini kalau dijalani dengan keinginan dari dalam si anak bukan ikut-ikutan, tentu akan memberikan hasil yang lebih baik. Lebih jelas kebutuhan tenaga yang menguasai ekonomi islam masih tetap tinggi di masa datang.

Saya rasa keinginan anak bapak untuk mendalami ekonomi Islam perlu didukung karena ilmunya telah membawa kepada kebajikan dunia dan akherat.. amien.. sekian dulu pak endi semoga berrkenan.. wassallam sparta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar