Sabtu, 14 Februari 2009

Pentingnya Manajemen Risiko Di Bank

Oleh: Sparta

Bank adalah Industri yang paling banyak menghadapi risiko. Hal ini disebabkan kompleksitas bisnis yang dijalani oleh industri perbankan. Meskipun bank banyak dihadapi oleh jenis risiko, namun bank tetap dapat menjalani bisnis. Tentu saja ini dapat dipahami bahwa bank adalah lembaga kepercayaan. Bank berfungsi sebagai agen keuangan. Mendapatkan dana dan menyalurkan kembali dananya. Berbagai jenis risiko yang sering dihadapi oleh bank yaitu risiko likuiditas, risiko solvabilitas, risiko pasar, risiko operasional, risiko kredit, risiko suku bunga, risiko valas, dan risiko lainnya.

Kebutuhan untuk mendalami risiko ini sangat penting bagi karyawan bank. Risiko adalah potensi kerugian yang dihadapi dimasa datang yang timbul dari peristiwa atau kejadian yang menimbulkan kerugian. Kerugian dapat menimbulkan dampak material maupun inmaterial bagi bank. Penerapan risk managemen dapat mengurangi risiko yang akan terjadi. Untuk itu diperlukan penguasaan ilmu menagemen risiko bagi bank. Dampak risiko bagi sangat tinggi apabila tidak dilakukan pengelolaan dengan baik. Kasus saat ini yang terjadi adalah bangkrutnya Bank Century yang disebabkan oleh risiko yang timbul dari pasar modal dan uang dan kesalahan manajemen manajemen.

Mata Manajemen Risiko telah mulai di tawarkan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia terutama di Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School telah memasukkan mata kuliah manajemen risiko dalam perbankan sejak mulai berdirinya (September 200). Manajemen risiko di perguruan tinggi sebagian menawarkan manajemen risiko dari pendekatan lain (umum). dalam mata kuliah Manajemen Risiko, STIE-IBS membagi dalam tiga kelompok yaitu Konsep Manajemen Risiko, Pengukuran, dan Pengelolaan Risikonya. Bagi perguruan tinggi yang mau memasukkan manajemen risiko dalam kurikulumnya, saya siap untuk memberikan perkuliahanya atau workshop bagi dosen yang mau mengajar mata kuliah ini, begitu juga bagi bank yang ingin memberikan ilmu manajemen risiko bagi karyawannya. (sparta1609@yahoo.com)

Wassllam...

Sparta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar